Training Project Scheduling & Controlling (Primavera)

Solution For Your Company And Business

PENDAHULUAN
Primavera (P6) merupakan program yang handal digunakan dalam proyek konstruksi. Program ini akan mempermudah proses pengelolaan dan pengendalian pelaksanaan proyek konstruksi mulai dari tahap merancang proyek, membangun jaringan, dan mengelola data secara mudah dan cepat.

Primavera merupakan sebuah perangkat lunak yang hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut di atas, sehingga proses perencanaan dan pemantauan perkembangan proyek dapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif.

Primavera mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya : Dapat menyimpan informasi proyek (Resource & Cost) dalam satu database, dan memisahkan data dalam bentuk yang berbeda, dengan informasi yang lengkap dan ditampilkan dalam satu grafik. Dengan keunggulan tersebut maka Pengelolaan proyek konstruksi dengan menggunakan Primavera dapat membantu para Manajer Proyek di dalam : Menyusun Metode Kerja (WBS), Mengumpulkan data-data proyek untuk kemudian dilakukan penginputan Resource yang dibutuhkan (Labour, Material, Equipment, Subcont, Volume), Melakukan monitoring aktivitas pekerjaan, Menampilakan informasi aktual tentang aktivitas proyek melalui tampilan S-Curve, Melakukan pengendalian hasil pekerjaan sesuai dengan yang telah disepakati, serta Membuat hasil laporan pengendalian tersebut.

SILABUS

  1. Pengantar Manajemen Proyek Konstruksi.
  2. Pengantar Lingkup Kerja Primavera.
  3. Mendefinisikan Enterprise Project Structure (EPS).
  4. Mendefinisikan Organizational Breakdown Structure (OBS).
  5. Mendefinisikan Work Breakdown Structure (WBS).
  6. Mendefinisikan dan Menentukan Tampilan Layout Lembar Kerja.
  7. Mendefinisikan Toolbar, Formatting Bar, Time Scale dan Filter.
  8. Mendefinisikan dan Menentukan Kalender Proyek dan Jam Kerja.
  9. Mendefinisikan dan Membuat Aktivitas dan Durasi Aktivitas.
  10. Mendefinisikan dan Menentukan Hubungan antar Aktivitas.
  11. Mendefinisikan dan Menentukan batasan Proyek (Constraints).
  12. Mendefinisikan dan Menentukan Proyek Baseline.
  13. Membandingkan Proyek Baseline dengan Proyek Current.
  14. Mendefinisikan dan Memasukan Resource pada setiap Aktivitas.
  15. Analisa Proyek berdasarkan Resource Usage Profil dan Spread Sheet
  16. Analisa Proyek berdasarkan Activity Usage Profil dan Spread Sheet
  17. Analisa Proyek berdasarkan Resource Profil (S-Curve).
  18. Menyajikan Diagram dan Kurva Perkembangan Proyek.
  19. Meratakan Distribusi Penempatan Resource (Levelling).
  20. Mengupdate Perkembangan Proyek Rencana
  21. Mengupdate Proyek Aktual (Tracking).
  22. Pengelolaan dan Pengendalian Proyek berdasarkan Metode Earned Value.
  23. Melakukan Import & Export.
  24. Menyajikan Laporan Proyek (Project Report).

TUJUAN
Setelah mengikuti Training ini, Peserta diharapkan dapat

  1. Menyusun Rencana Kerja Proyek.
  2. Membuat dan mendefinisikan Work Breakdown Structure (WBS).
  3. Melakukan Pengalokasian Resource
  4. Melakukan Pengendalian Biaya Proyek.
  5. Melakukan Pemantauan Perkembangan Proyek.
  6. Membuat dan Menyajikan Laporan Proyek.

PESERTA
Peserta training adalah semua sarjana teknik atau umum yang telah memiliki dasar pelaksanaan proyek konstruksi skala kecil, menengah atau besar.

PENYELENGGARAAN

  • Tgl  30 Maret – 01 April 2020
  • Hotel Santika Pandegiling Surabaya

INVESTASI

  • 5.500.000,-/peserta

FASILITAS

  • Termasuk: Training di hotel berbintang, Modul Training (hardcopy dan softcopy materi), Training Kits dan ATK Peserta, Sertifikat, Makan Siang, Coffee Break, Trainer yang berkualitas, Pre Test & Post Test
  • Harga belum termasuk penginapan peserta dan transportasi peserta

Formulir Pendaftaran