Training Teknik Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP)

Solution For Your Company And Business

Training Teknik Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP)

01/21/2020 Uncategorized 0

SOP adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana, oleh siapa, bagaimana cara melakukan, apa saja yang diperlukan, dan lain-lain yang semuanya itu merupakan prosedur kerja yang harus ditaati dan dilakukan. Saat ini banyak perusahaan yang tidak mempunyai SOP, yang mengakibatkan banyak pekerjaan yang tidak terlaksana dengan baik, yang bersangkutan tidak bertanggung jawab, ada kelalaian kerja, kesimpangsiuran, kesalahan, yang mengakibatkan resiko kerugian besar bagi perusahaan/organisasi.
SOP bukan hanya merupakan pedoman prosedur kerja rutin yang harus dilaksanakan, tetapi SOP juga berfungsi untuk mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan, apakah pekerjaan tersebut telah dikerjakan dengan baik atau tidak, kendala apa yang dihadapi? Mengapa kendala tersebut terjadi? Dengan adanya SOP kita dapat mengambil keputusan yang tepat.
Agar SOP dapat dilaksanakan, maka perlu dibuat jabaran SOP secara teknis yang tertuang dalam instruksi kerja dalam suatu unit kerja, dalam bentuk dokumen dan formulir kerja, serta records dokumen yang berfungsi sebagai kontrol kerja bahwa pekerjaan telah dikerjakan dengan baik. Record berguna untuk analisis data dan peningkatan layanan yang berkesinambungan.
Untuk itu, setiap perusahaan/organisasi saat ini dituntut untuk mempunyai SOP yang jelas, karena dengan adanya SOP yang jelas maka akan lebih meng-efektifkan dan meng-efisiensikan waktu dan pekerjaan, dimana hal tersebut berhubungan dengan kualitas mutu, dan berimplikasi pada kepuasan pelanggan/klien. Melalui workshop ini akan diajarkan bagaimana teknik penyusunan SOP yang benar dan baik, yang dapat diaplikasikan untuk segala unit kerja.

BENEFIT
– Memberikan pemahaman tentang SOP
– Memberikan pemahaman tentang peran SOP bagi organisasi dan kinerja organisasi
– Memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik yang dapat digunakan dalam penyusunan SOP
– Memberikan pemahaman tentang penyusunan SOP sesuai kebutuhan organisasi
– Memberikan pemahaman tentang penerapan dan pemeliharaan SOP
– Memberikan kiat-kiat mengatasi kendala dalam penyusunan, penerapan, dan pemeliharaan SOP

OUTLINE
– Perusahaan/organisasi dalam konteks pemahaman sistem
– Peran dan manfaat SOP
– Peran dan manfaat secara umum
– Peran dan manfaat teknis bagi perusahaan/organisasi
– Internal kontrol dan SOP
– How to write SOP
– Teknik penyusunan SOP
– Penerapan (implementasi) SOP
– Hambatan-hambatan dalam penyusunan dan penerapan SOP
– Pemeliharaan SOP
– Praktik penyusunan SOP